Skripsimu, menjadi Skripsh*t atau Skripsweet?


Ketika lo memasuki semester-semester genting, dimana jumlah semester lo lebih banyak dari jumlah rokaat sholat teraweh, adalah masa-masa kegalauan yang sedang memuncak dan sensitif banget kalo ngomongin masalah yang teramat sakral, yaitu jeng jeeeeeng.. Skripsi.

Skripsi bukan akhir dari segalanya, tapi mau gamau skripsi ya harus di lewatin. Entah lewatinnya cepet karena banuan lewat jalan  tol berupa usaha yang gigih dan doa yang tak henti-henti, atau lewatinnya dengan ngaret karena jalannya belum di cor karena keseringan nge-PES di kosan, males bimbingan, yang membuat skripsi entar-entaran, lulusnya semester depan, dicengin adek kelas se-jurusan, yang akhirnya bikin pusing gak karuan. Hmmmm

Gue sih emang belum lulus, tapi gue mau berbagi tips-tips lulus cepet versi temen-temen gue yang udah lulus dan sekarang lagi gue praktekin. Semoga tips-tipsnya manjur dan mujaer *eh mujarab deeng.

1. Perbaiki niat = perbaiki semangat

Semuanya berawal niat. Niatnya juga gak cuma di bibir aja, tapi di hati lo juga harus ada niat yang tertanam kalo lo niat ngerjain skripsi, niat pengen lulus secepat mungkin, niat pengen menambah pengetahuan yang emang gak di dapet ketika kuliah reguler di kelas dengan tatap muka langsung ketemu dosen. 

Niat yang baik akan memunculkan semangat yang baik, yaa walaupun kadang-kadang semangat emang naik turun kaya alis Syahrini, tapi yaa seenggaknya lo butuh permulaan yang mulus semulus paha Krisdayanti.

 2. Buat deadline sendiri

Intan Mustika Amelia Dani, temen seangkatan gue dari jurusan PPKN UNJ angkatan 2012 pernah cerita banyak bagaimana doi bisa lulus tepat pada waktunya, meskipun kedua dosen pembimbinganya bisa dibilang killer. Intan selalu menargetkan sesuatu sesuai dengan deadlinenya sendiri.

"Mendingan gue mampus-mampusan di satu hari, terus besoknya gue bisa leha-leha semau gue daripada gue cicil-cicil yang akhirnya malah gak kelar", kata Intan. Mungkin tips ini cocok banget dipake buat temen-temen yang memang agak sulit buat mengatur waktunya menjamah skripsi, dan lebih milih tidur.

3. Satu hari harus ada progrees

Mengerjakan skripsi itu emang moodnya naik turun. Kalo lagi moodnya naek, sehari bisa 6 bab juga kelar *eh tapikan skripsi cuma sampe bab 5 ya hehe. Tapi kalo moodnya lagi jelek, jangankan untuk ngetik barang selembar, buka laptop nyari folder skripsi juga kadang udah pusing, bahkan efek lebih lanjut kadang suka ketuker tuh Microsoft Word sama Microsoft Excel, efek lebih lanjut lanjut lanjut lagi kadang suka ketuker mana kampus mana ayam kampus *eh mie ayam sebelah kampus maksudnya.

Herdi Egi Perdana, temen seangkatan gue dari jurusan PLB UNJ pernah ngasih tips "Kalo lo mau lulus, lo harus lawan rasa males lo, paling engga 1 hari harus ada yang dikerjain tentang skripsi, entah lo bikin daftar isi kek, lo bikin lembar persembahan dulu kek, atau lo minimal bikin cover aja". 

Dari yang sohib gue utarain itu, gue ngambil kesimpulan skripsi itu kaya pacar, harus diperhatiin, kalo lo gabisa nyamperin pacar lo, yaa paling engga ngasih kabar. Kalo lo gabisa ngasih kabar, yaa lo buka foto pacar lo terus lo doain semoga pacar lo gak selingkuh. 

Skripsi juga gitu, kalo lo lagi males ngerjain revisian, paling engga lo buka laptop, lo kerjain dulu tuh lembar persembahan, kalo lembar persembahan juga gak sanggup, lo doain semoga skripsi lo gak jadi anggur karena dianggurin. 

 4. Kamu dan Dosen pembimbingmu adalah sepasang sepatu, selalu bersama, tapi nginjek tai.

Tulus di salah satu lagunya berbunyi gini "Kita adalah sepasang sepatu, selalu bersama, tapi nginjek tai tak bisa bersatu". Lulus atau enggaknya elo bergantung banget sama yang namanya dosen pembimbing. Lo dan dosen pembimbing lo dalam mengerjakan skripsi itu ibarat ruku dan sujud dalam sholat, berbeda tetapi harus sama-sama dilakuin untuk syarat sahnya sholat.

Permasalahan yang gue hadepin terhadap dosen pembimbing, mungkin sama dengan permasalahan mahasiswa-mahasiswi ngebangke akhir yang juga lagi ngerjain skripsi. Males ketemu dosen, gak sepaham sama dosen, gak ngerti apa yang dimau dosen, sampe gabisa nyesuain jadwal dosen sama jadwal kita saking sibuknya dosen ngurusin urusan lainnya. 

Ady Syahputra Gultom, mahasiswa perantau lulusan PLB UNJ tahun 2015/2016 pernah secara gak langsung ngajarin gue kalo deket sama dosen pembimbing itu kunci sukses menyelesaikan skripsi. Mulai dari basa-basi tentang kesukaan dosen, ngajak ngopi bareng dosen, atau dengan sok pinter ngajak dosen diskusi tentang permasalahan-permasalahan kehidupan juga pernah dia lakonin, yaa walaupun agak ngejilat-jilat dikit, ya gak masalah laaaah.

Hasilnya?

Gultom  mulus lulus dengan waktu 3,5 tahun yang ketika itu mungkin itungan jari bagi mahasiswa tongkrongan yang bisa lulus dengan waktu secepat itu. So, untuk kebaikan bersama ya no problemo.

5. Doa, percayalah doa-doa orang yang tertindas akan di ijabah.

Mungkin lo semua pernah denger kalimat "Do'a orang yang teraniaya pasti dikabulin". Nah Linsita Nuryamin salah satu temen gue yang pernah jadi mantannya Gultom pernah nanya perkembangan skripsi gue sampe mana, gue bilang:

Gue: Kok lo bisa cepet-cepet banget sih skripsinya?
Linsita: Gue juga gatau pil (Dia manggil gue upil, karena gue sering ngupil (manusiawi), lalu upilnya gue telen (orangutanawi) ), gue cuma bisa usaha. Lo udah sampe mana emang?
Gue: Sampe sini, sampe situ, sampe mana-mana. Hmmm
Linsita: Coba lo al-fatihahin geh buat dosen lo, buat skripsi lo, buat orangtua lo, biar lancar.
Gue: Emang bu Indihe (nama gue samarkan, dan beliau salah satu dosen ter-resek baik) lo al-fatihahin juga?
Linsita: Iya gue alfatihahin, kadang gue bacain ayat kursi.
Gue: Buset itu dosen pembimbing apa pocong keramas pake lo keramasin *eh lo ayat kursiin?
Linsita: Hahaha.. tapi yaa sejauh ini al-fatihah itu ampuh, makanya sholat pil, pil.
Gue: Tenang, gue sholat kok.. kalo Jum'at.
Linsita: Hmmmmmmmmmm

Percakapan gue sama Linsita diatas kebukti salah satu obat ampuh untuk memperlancar skripsi adalah doa, buktinya sama kaya mantannya (re: Gultom), doi lulus cepet secepat silet *eh secepat kilat, dengan waktu tempuh pendidikan 3,5 tahun. Wallahualam. Semoga skripsimu tidak menjadi bangke dengan sebutan skripshit, tetapi berakhir manis menjadi skripsweet.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karena Untuk Berubah, Kita Butuh Melangkah

Touching Old Blog

Belajar dari Surat Kabar