Keterampilan Menulis Sambung
Latar Belakang
Keterampilan menulis merupakan keterampilan motorik halus yang digunakan untuk
menunjukan atau menampilkan karangan. Dengan adanya keterampilan
menulis, maka kita dimudahkan dalam mengungkapkan pemikiran lewat tulisan
terutama tulisan sambung. Namun, dewasa kini keterampilan menulis sambung merupakan satu dari hal
paling penting yang diabaikan dari kurikulum sd, buktinya sedikit guru yang
mengikuti program pelatihan menulis sambung sehingga
siswa-siswi sekolah dasar tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara
menulis sambung yang benar dan baik. Oleh karena itu, pembahasan mengenai tata
cara menulis sambung dinilai sangat penting dalam pengajaran untuk anak sekolah
dasar.
Pembahasan
Motorik berasal dari kata
”motor” yang merupakan suatu dasar biologis atau mekanika yang menyebabkan
terjadinya suatu gerak (Gallahue). Dengan kata lain, gerak (movement) adalah
kulminasi dari suatu tindakan yang didasari oleh proses gerak motorik.
Hurlock (1978:159) menyatakan bahwa motorik didefinisikan sebagai suatu
peristiwa yang meliputi keseluruhan proses pengendalian dan pengaturan
fungsi organ tubuh, baik secara fisiologis maupun secara psikis yang
menyebabkan terjadinya suatu gerakan.
Dari definisi yang diutarakan oleh Hurlock tersebut, dapat saya simpulkan bahwa
gerakan motorik membutuhkan koordinasi dari beberapa bagian tubuh hingga
menimbullkan terjadinya gerak.
Keterampilan menulis merupakan keterampilan motorik halus yang digunakan untuk
menunjukan atau menampilkan karangan. Dengan adanya keterampilan
menulis, maka kita dimudahkan dalam mengungkapkan pemikiran lewat tulisan
terutama tulisan sambung. Namun, dewasa kini keterampilan menulis sambung merupakan satu dari hal
paling penting yang diabaikan dari kurikulum sd, buktinya sedikit guru yang
mengikuti program pelatihan menulis sambung sehingga
siswa-siswi sekolah dasar tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara
menulis sambung yang benar dan baik. Oleh karena itu, pembahasan mengenai tata
cara menulis sambung dinilai sangat penting dalam pengajaran untuk anak sekolah
dasar.
Bentuk
huruf sambung diperkenalkan
pada murid
sekolah dasar ketika murid tersebut telah memperagakan dan menguasai serta mengenai
huruf cetak dan memiliki kelancaran
dalam penggunaan huruf-hurufnya. Langkah dasar dalam menulis sambung seharusnya
didahulukan dengan pengenalan bagaimana membuat bentuk huruf sambung tersebut.
Ada 5 langkah dasar dalam menulis huruf sambung yaitu garis miring, under-curve, downcurve, overcurve, dan check strokes. sejak murid telah
menguasai langkah dasar dalam menulis sambung, maka ia telah siap menulis
beberapa huruf yang diperintahkan oleh guru.
Kesimpulan
Menulis adalah suatu keterampilan motorik halus, dan merupakan satu
dari hal paling penting yang diabaikan dari kurikulum sekolah dasar, buktinya
sedikit guru yang mengikuti program pelatihan menulis. Sebelum murid sekolah
dasar mengrampilan meuasai keterampilan menulis sambung, mereka harus mengusai
dan dapat menggunakan keterampilan menulis cetak dengan sangat baik. Setelah
murid sekolah dasar menguasai keterampilan menulis cetak, kemudian anak
tersebut barulah dapat diberikan pelatihan keterampilan menulis sambung.
Sehingga murid tersebut tidak mengalami kesulitan belajar dalam keterampilan
menulis sambung.
Gambar
1. Merupakan bentuk huruf sambung
Komentar
Posting Komentar